4 Faktor Penyebab Terpuruknya Peluang Usaha Pertanian di Indonesia

Peluang Usaha Pertanian – Indonesia merupakan negara yang memiliki lahan pertanian yang sangat luas tetapi sayangnya perekonomian para petani tidak mengalami kenaikan malah terus mengalami kerugian. Hal inilah yang menyebabkan para petani di negara ini memiliki profesi ganda selain menjadi seorang petani. Banyak sekali factor yang menyebabkan peluang usaha pertanian di Indonesia semakin terpuruk. Apa sajakah itu?

4 Faktor Penyebab Terpuruknya Peluang Usaha Pertanian di Indonesia

4 Faktor Penyebab Terpuruknya Peluang Usaha Pertanian di Indonesia

Berikut uraiannya:

  • Kerusakan infrastruktur

Masalah pokok yang selalu dialami pertanian di Indonesia adalah kerusakan atau kurangnya sarana infrastruktur. Masalah ini seakan menjadi masalah yang sulit untuk dipecahkan padahal negara ini memiliki anggaran yang cukup besar untuk membangun infrastruktur di negara ini.

  • Masih kurangnya penyediaan benih

Saat ini Indonesia masih membutuhkan benih import untuk memenuhi kebutuhan benih dibidang pertanian. Benih import tentu harganya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan benih lokal. Hal ini yang selalu membebani para petani negara ini karena sebelum bercocok tanam harus menyediakan modal yang cukup besar untuk mendapatkan benih yang berkualitas.

  • Minimnya ketersediaan pupuk

Masalah lain yang terus dihadapi oleh para petani adalah minimnya ketersediaan pupuk sehingga menyebabkan harga pupuk melambung tinggi. Selain itu banyak beredar pupuk illegal dengan harga yang jauh lebih tinggi dan mau tidak mau para petani harus membelinya untuk pertanian mereka. Inilah salah satu fenomena yang terus bergulir dan hingga saat ini masih sulit untuk dipecahkan, sehingga lagi-lagi petani mengalami kerugian secara terus menerus.

  • Tenaga kerja bidang pertanian semakin berkurang

Kerugian yang terus menerus menyebabkan para petani beralih profesi untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Hal ini berdasarkan survey yang telah dilakukan oleh badan statustik dan tercatat bahwa setiap tahun jumlah tenaga kerja pertanian terus mengalami penurunan yang cukup besar. Semakin rendah jumlah tenaga kerja pertanian maka semakin besar upah yang harus dikeluarkan para petani untuk menggaji tenaga kerja yang mereka butuhkan.

Itulah beberapa factor yang menyebabkan usaha pertanian di Indonesia terus mengalami penurunan. Pemerintah telah membuka peluang usaha untuk semua orang dalam berinvestasi di bidang pertanian melalui BKPM untuk memajukan perekonomian pertanian negara.

Share