Memilih Kentang Terbaik Untuk Bikin Keripik Kentang

Memilih Kentang Terbaik Untuk Bikin Keripik Kentang

Keripik kentang selalu menjadi cemilan yang sangat cocok untuk segala suasana. Dikala kamu hang out bareng temen temen, selalu saja ada yang nyiapin cemilan yang satu ini, tentu dengan rasa kesukaannya. Walau selalu ada yang bilang “ko gak beli rasa ini? Eh rasa itu lebih enak lho.” Bocah ngapa yak? Kenapa gak kamu aja yang beli. Meskipun demikian, tetap saja semua temennya pada minta dan habis.

Dulu sih rasa keripik kentang gak se nano nano sekarang. Zaman semakin modern, teknologi canggih semakin banyak dan pabrik semakin banyak, membuat mereka berfikir untuk menciptakan rasa baru untuk keripik kentang seperti rasa keju, balado, rumput laut, sapi panggang, salmon teriyaki, dan lainnya.

Meskipun harga nya yaah memang mahal dan isinya pun sedikit! Tapi tetep aja dibeli. Nah, kali gue bakalan kasih tau sama kamu gimana sih cara membuat keripik kentang ala pabrik yang gurih dan enak dengan porsi yang banyak? Wokeh! Pantengin terus artikel ini ya guys!

 

 

  • Pilih jenis kentang

 

Kentang itu ada 4 jenis, pertama kentang putih, kentang mentega, kentang merah, dan kentang hijau. Pilihlah jenis kentang mentega, karena memiliki tekstur yang sangat empuk setelah dimasak. Kentang mentega pun ada lagi jenisnya, yaitu kentang granola yang punya kulit halus dan matanya yang keliatan jelas juga dalem. Kandungan air yang dimiliki kentang ini sangat banyak, jadi cocoknya untuk direbus.  Kemudian jenis kedua ialah Kentang tes. Kulitnya agak kasar sih tapi matanya tidak terlalu jelas terlihat alias hampir mulus gitu. Nah, kentang ini yang cocok banget buat dijadiin keripik kentang atau kentang goreng karenaa kadar air didalamnya sangat sedikit.

 

  • Permukaan yang halus dan gak bergelombang

 

Kalo kamu beli kentang, harus tau tips memilih kentang yang baik. Ini untuk memudahkan kamu saat mengupas kulitnya, dan pastinya kulit yang halus ini selalu memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan yang berkulit kasar.

 

  • Perhatikan bentuk dan beratnya

 

Kentang yang bagus dan baik itu terasa berat, kulitnya terlihat segar, tidak berlubang (mata) di permukaannya,dan  gak ada retakan dikulit. Terus kamu bisa pilih kentang yang berkulit tebal dengan tanda adanya garis garis kecokelatan di kulitnya.

 

  • Lihat warna kulitnya

 

Jangan pernah memilih kentang yang masih ada warna hijau nya, karena kentang juga memiliki racun yang bisa bikin kamu sakit perut sampe diare, contohnya dari kentang hijau ini. Kentang yang masih ada bagian kulit yang hijau akan terasa pahit karena terlalu banyak terkena sinar matahari atau dipanen terlalu dini. Maka dari itu, pilihlah kentang yang berkulit kuning muda atau putih kekuningkungingan.

 

  • Teksturnya keras dan gak bertunas

 

Jangan memilih kentang yang sudah keriput dan bertunas serta lembek, kondisi ini menandakan kualitas kentang tersebut kurang baik.

 

  • Setelah dibeli, segera pisahkan

 

Kentang harus dipisahkan dari sayuran yang lain dan simpan ditempat yang sejuk agar tidak cepat busuk. Tidak perlu di cuci juga dan jangan disimpan di lemari pendingin.

Itu guys tips memilih kentang untuk keripik kentang, biar hasilnya kayak produk unggulan yang suka kamu beli itu. Semiga bermanfaat.

Share