Pilih Paket Hosting? Hitung-hitung Dulu!

Pilih Paket Hosting? Hitung-hitung Dulu!

Ketika menggunakan web hosting Indonesia seperti CloudKilat, Anda akan dihadapkan dengan paket hosting yang bermacam-macam, dari paket murah dengan kapasitas terbatas, hingga paket premium dengan kapasitas besar. Mana yang sebaiknya dipilih? Apakah paket premium adalah pilihan terbaik? Bukankah semakin besar kapasitas bandwidth dan harddisk yang dimiliki, semakin lancar pula website berjalan?

Meski keyakinan tersebut tidak sepenuhnya salah, apalagi menyangkut web hosting di Indonesia, tapi pandangan tersebut juga tidak bisa dibilang benar. Mari lihat dulu beberapa hal yang berikut ini tentang harddisk yang diperlukan:

  • Rata-rata halaman blog atau website berisi artikel tidak membutuhkan lebih dari 1 MB.
  • Halaman untuk website yang menggunakan WordPress misalnya, jarang yang lebih dari 6,5 MB.
  • Jika menghitung semua plugin, theme, dll. yang digunakan di sebuah website, maka kapasitas totalnya bahkan kurang dari 100 MB.

Kesimpulan dari informasi di atas adalah, sebuah website sebenarnya tidak memerlukan kapasitas harddisk terlalu tinggi, apalagi jika Anda hanya mengisinya dengan artikel. Berbeda kalau Anda berencana mengisinya dengan gambar high-res dan video. Namun ketika memilih paket pun, Anda harus melihat poin berikut:

  1. Jenis website

Jenis website adalah hal penting yang harus dipertimbangkan saat Anda memilih, karena sekedar blog berisi artikel tentu akan mempunyai kapasitas berbeda dengan toko online.

  1. Banyaknya pengunjung

Jumlah pengunjung tiap bulannya akan mempengaruhi keputusan pemilihan tentang bandwidth. Jika halaman berisi artikel 30 KB, diakses 50.000 kali, Anda akan memerlukan sekitar 1,5 GB.

  1. Tidak ada yang namanya unlimited

Jangan termakan kata-kata unlimited bandwidth atau space, karena hal ini tak ada. Hal yang benar adalah, Anda mempunyai kapasitas unlimited sesuai dengan spesifikasi hardware dari server dan aturan layanan hosting.

Jadi, ketika Anda memilih paket web hosting Indonesia, Anda harus menghitung-hitung dulu dengan teliti. Anda bisa mencari tahu dengan memasang plugin untuk memonitor jumlah pengunjung dulu sebelum melakukan perpindahan atau upgrade. Daripada Anda melihat unlimited bandwidth atau yang sejenisnya, sebaiknya Anda melihat bagaimana layanan yang ditawarkan, lokasi server, dan kualitas customer service tempat hosting tersebut.

Share